Rabu, 05 Desember 2018

Tips Membuat Film Pendek untuk Pemula Bagian 1

Halo Filmmaker! Salam Action!

Film Pendek adalah satu hobi yang diminati oleh banyak orang, karena selain bisa "ngeksis" melalui film pendek. Kita juga bisa belajar banyak hal disini, mulai dari membangun kerjasama tim, memanajemen waktu, bersosialisasi, memperbaiki bahasa indonesia kita dan masih banyak lagi. Nah, apakah film pendek menjadi hobi yang akan larut dimakan zaman? Jawabannya adalah TIDAK. 

Film pendek akan semakin berkembang dan terus menciptakan "style" baru setiap tahunnya. Nah, pertanyaannya adalah... Apakah kita sudah siap untuk membuat film pendek? Jawabannya pasti SIAP. 

Tetapi apakah kita tahu apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan untuk membuat film pendek? 
Hhhmm.... jawabannya adalah "hmm......"



Kami juga memulainya hanya dengan modal "NEKAT". Belum tahu betul medan tempur, langsung pegang senjata dan langsung masuk medan tempur.  Apakah hal ini salah? Tentunya tidak, iya tidak salah lagi kami salah, ahahahahaha...  

Salahnya adalah kenapa tidak dari dahulu kami terjun dan fokus menggeluti dunia videografi dan perfilman. *ba dum tssss...

Lalu bagaimana cara memulai membuat film pendek? Baiklah, disini kami akan membagikan tips-tips apa saja yang perlu dilakukan dalam membuat film oleh filmmaker pemula. Baiklah langsung saja kita bahas. 

1. PERSIAPKAN IDE CERITA 

Hal yang pertama kamu harus siapkan adalah ide cerita terlebih dahulu, ini merupakan kunci pertama dari film yang akan kamu buat. Siapkan ide cerita sematang mungkin, buatlah kerangka ide cerita mulai dari logline, tokoh, premis, konflik dan penyelesain. 

Rumus sederhana LOGLINE 
LOGLINE = (Tokoh/Karakter + Goal ) x Konflik

Seperti rumus matematika Logline. Bagaimana jika seperti ini ... 

LOGLINE =  (1.000.000 + 1.000.000) x 0 
LOGLINE = 0

Intinya, sebagus apapun karakter yang Anda buat, sebagus apapun Goal pada karakter Anda, jika cerita anda tidak ada konflik maka tidak ada cerita. 

Cerita (yang dimaksud) adalah suatu hal / peristiwa yang terjadi pada karakter untuk mendapatkan tujuannya, tetapi ia halangi oleh sesuatu. Nah, disini kita akan melihat perjuangan karakter dalam menggapai tujuannya tersebut. 

Baiklah jangan terlalu rumit, next...  seputar Logline akan kita bahas. Kami harap Anda sampai sini dapat poinntya, oke kita lanjut.


2. PEMILIHAN KARAKTER 

Pilihlah orang yang tepat untuk membawakan karakter pada cerita Anda. Jika Anda bingung, Anda berhak melakukan casting, supaya tidak salah pilih. 

Karena jika Anda salah pilih, ini akan membuat cerita Anda "tidak hidup" dalam artian, film kamu belum sempurna. 

Ajaklah dulu teman-teman terdekat Anda, karena disini kamu bisa sudah terbiasa berkomunikasi dengan mereka. Selain itu, kerjasama tim dengan orang-orang terdekat akan membangun tim yang kuat. 


3. PENULISAN NASKAH 

Tulislah Naskah Film Anda dengan format yang benar. Biasakanlah menggunakan istilah-istilah sederhana ini dalam penulisan naskah.

  • CUT TO: Transisi peralihan cerita 
  • EXT: Exterior, adegan yang berlatar diluar ruangan / outdoor
  • INT: Interior, adegan yang berlatar diruangan / indoor
  • CUT BACK TO: Transisi ke cerita sebelumnya
  • INSERT: Adegan sisipan, singkat tapi penting
  • INTER CUT:  Menghubungan 2 atau lebih adegan lainnya (Contoh: Adegan telponan)
  • MONTAGE: Menampikan cerita yang berkesinambungan dan menyatu dengan cerita 
Berikut contoh penulisan naskah pada film "?" karya Hanung Bramantyo.



4. READING 

Reading, adalah proses pembacaan naskah oleh seluruh pemain. Berfungsi untuk melatih intonasi, pelafalan dalam naskah, dan melatih pendalaman karakter.

Lakukanlah secara rutin, agar pada saat Hari-H syuting para pemain tidak banyak salah dalam mengucapkan dialog. 


5. TENTUKAN JADWAL 

Tentukanlah jadwal syuting, mulailah dengan dengan terlambat selesaikanlah dengan cepat. 


Hal ini sangat di perlukan supaya Anda dan tim Anda bisa menghargai waktu dengan waktu dengan baik. Apa saja rangkaian jadwal yang di perlukan? 

  • Jadwal Development
  • Jadwal Reading 
  • Jadwal Survey Lokasi 
  • Jadwal Syuting 
  • Jadwal Editing 
  • Jadwal Rilis Film Anda
Patuhilah jadwal kalian, supaya film kalian dapat di selesaikan dengan baik. Tapi jangan terburu-buru, selagi masih ada waktu banyak kita masih bisa memberikan memperbaiki film kita sebelum jadwal rilis tiba. 

Nah, itulah tips-tips sederahana dalam membuat film pendek (untuk pemula), semoga tips ini bermanfaat ya. Selamat mencoba dan jangan berhenti untuk terus bereksperimen! 

Jika ada hal yang kamu ingin tanyakan? Silahkan isi di kolom komentar ya. 

Kamu suka dengan artikel ini? Share ke teman-teman kamu di facebook atau bagikan ke sosial moedia yang kamu punya. 


Sampai jumpa di artikel selanjutnya...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau baca yang mana?

Terhubung bersama kami

Kamu Pengunjung ke