[REVIEW Indonesia] Aquaman - Film Terbaik DCEU saat ini

Sinema Azab: Ayahku Ternyata Mengawini Ratu Laut
Menit awal film dibuka dengan seorang penjaga mercusuar bernama Tom Curry yang menemukan perempuan cantik nan sexy terdampar di antara bebatuan dipinggir pantai. Penampilan perempuan ini bisa dibilang aneh, karena memakai pakaian berbalur mutiara dan memegang trisula.

Tom Curry lalu meninggalkan wanita itu untuk dimakan hiu. Tamat.

Oke, bercanda. Selanjutnya bisa ditebak donk, Tom Curry menyelamatkan wanita misterius tersebut karena cantik  dan mereka pun hidup bersama hingga keduanya jatuh cinta lalu melahirkan seorang anak haram bernama Arthur bin Tom Curry.

Suatu hari, ketika Arthur sedang asik mendengarkan dongeng Atlantis dari ibunya, rumah mereka diserang olah sekawanan pasukan Atlantis. Ternyata ibu dari Arthur Curry adalah "Atlanna" sang calon ratu Atlantis yang melarikan diri karena tidak mau dikawin paksa.

Atlanna tidak mau kembali ke Atlantis dan melakukan perlawanan sengit. Saya sangat menyukai scene action disini, ratu Atlanna benar-benar menunjukkan dirinya sebagai seorang pendekar sakti. Totally bad ass!

Namun pada akhirnya, Atlanna memutuskan untuk pergi supaya keluarga kecilnya tidak terancam oleh pasukan Atlantis. Sehingga Arthur kecil tumbuh dewasa menjadi seorang yatim. Untungnya bakat orang atlantis menurun kepada Arthur, sehingga ia bisa bicara & memerintahkan mahluk-mahluk laut. Arthur, kamu mestinya ikut America Got Talent, pasti juara.

"namaku Atlanna, kamu Tom, sebagai bukti cinta kita, anak ini kita beri nama TomAt"
Singkat cerita, Arthur dewasa menjadi seorang metahuman yang disebut sebagai Aquaman. Oke, sampe disini cerita berlanjut ke film Justice League yang tayang tahun lalu (2017), dimana Aquaman bekerjasama dengan batman, wonder woman dan superhero lainnya untuk melawan Steppenwolf.
Jadi Timeline film ini adalah setelah invasi Steppenwolf, dimana warga dunia sudah tau dengan keberadaan Aquaman. 

Selanjutnya kita disuguhkan dengan aksi heroik ketika Aquaman menyelamatkan sebuah kapal selam dari serangan teroris. Percayalah, Anda akan terkagum-kagum dengan aksi Aquaman disini. James wan sangat cerdas meramu tiap scene action. Saya tidak heran, karena sebelumnya doi sudah ada pengalaman menggarap film action yaitu Furious 7 yang fenomenal.

James wan sepertinya mengikuti jejak para sutradara senior yang sebelumnya sukses menggarap genre horor lalu beralih menjadi pakar film action. Contohnya Stephen Spielberg, James cameron dan Guillermo del torro.

"maaf mukanya kurang lebar pak" 
Film Aquaman ini tidak hanya menunjukkan kelihaian James wan dalam meramu adegan action, tapi juga bagaimana ia mengolah cerita Aquaman ini menjadi sebuah film petualangan yang menarik. Tidak ada scene yang mubazir, semuanya pas diatur untuk menjalankan plot cerita.

Oke lanjut ke cerita film, dikisahkan di bumi ini ada 7 kerajaan laut. Salah satu yang paling besar adalah Atlantis. Ternyata, penghuni laut sudah muak dengan manusia darat karena laut sekarang tercemar oleh limbah & sampah (cieh, pesan moral). Karena itu, raja orm (raja atlantis, sekaligus adik tiri dari Aquaman) mendeklarasikan perang dengan daratan.

Untungnya tidak semua penghuni laut setuju dengan perang, salah satunya adalah tunangan raja orm, putri Mera dari kerajaan laut lainnya. Maka dimulailah tugas putri Mera untuk mencari Aquaman guna mengajaknya untuk kembali ke Atlantis & merebut tahta raja, supaya perang besar tidak terjadi.

Mulanya Aquaman tidak berminat, tapi setelah terjadi tsunami raksasa yang hampir membunuh ayahnya, ia akhirnya setuju bergabung dengan Mera. Maka dimulailah petualangan Aquaman & Mera untuk merebut tahta Atlantis. Mulai dari tantangan duel 1 lawan 1 dengan raja orm, kejar-kejaran dengan pasukan atlantis, sembunyi dalam perut ikan paus, hingga mencari trisula raja Atlantis yang hilang di padang gurun sahara.

"Puja kerang ajaib" ~ Suasana apel pagi di Atlantis
Ada yang bilang cerita Aquaman ini ada kemiripan dengan film Marvel, yaitu Black Panther. Memang ada kemiripan, tapi bukan berarti film ini menjiplak. Misalnya tema tentang kerajaan tersembunyi, disini adalah atlantis, sementara di sana ada wakanda.

Black Panther menceritakan pewaris tahta wakanda yang sah, ditantang oleh pewaris lainnya yang berasal dari luar. Hal yang sama juga terjadi disini, bedanya disini yang jadi penantang adalah Aquaman sang tokoh utama, sementara di Black Panther yang jadi penantang adalah Killmonger, sang antagonis.

Jadi bagaimana cara Aquaman merebut tahta Atlantis? Apakah Trisula raja Atlantis benar-benar ada? Apakah susu kental manis tidak mengandung susu? Kamu harus saksikan sendiri untuk mendapatkan jawabannya.

"gua bilang juga apa, mestinya kita install google map aja"
Ok, kalau buat kalian review ini terlalu panjang maka akan saya ringkas saja poin-poin yang jadi nilai tambah di film ini:

VISUAL:
Cinematography Black Panther gak ada apa-apanya dibanding film ini. Eye Candy banget. Bahkan tiap frame film ini seperti concept art yang komposisinya cantik sekali. 2 Jempol untuk tim visual, termasuk bagian VFX yang menurut saya luar biasa, karena membuat scene bawah air yang believable itu susah cok, dan di film ini sukses menampilkan hal tersebut.

Selain itu kamu juga pasti jatuh hati sama 2 wanita cantik di film ini, yaitu Atlanna yang diperankan oleh Nicole Kidman dan Putri Mera yang diperankan oleh Amber heard. Cantik-cantik mematikan.hueheheh.

SOUND:
Musiknya terkesan otherworldy, seperti di outerspace padahal scene nya bawah laut. Tapi ngepas dengan visual Atlantis yang penuh neon. Komposisi yang unik.

ACTION:
Kalau kamu kecewa dengan final battle di Black panther, percayalah Aquaman akan memuaskan dahaga kamu dengan scene-scene action yang ciamik.

STORY:
Cerita berjalan dengan alur maju yang enak untuk diikuti. Saya seperti menyaksikan film petualangan dengan bumbu superhero di dalamnya. good job untuk scriptwriter nya, kalian layak dapat bintang.

FINAL VERDICT: 10/10
James wan sangat-sangat dinantikan untuk membuat sequel Aquaman atau film superhero lainnya. Dan saya mendukung Amber Heard (pemeran Mera) untuk bikin film spinoff bareng WonderWoman.

1 komentar:

Pages