Kamis, 15 Februari 2018

[ REVIEW ] Black Panther - si kucing hitam yang memukau

Sebagai Raja baru dari Wakanda, T’Challa (Chadwick Boseman) masih bergumul mengenai perasaannya atas meninggalnya sang ayah, T’Chaka (John Kani). Namun ia kemudian memutuskan untuk meneruskan perjuangan sang ayah.
Ketika Wakanda berada dalam ancaman dua musuh berbahaya yang dapat mengancam keselamatan negara, Black Panther berusaha membuktikan diri sebagai raja sejati Wakanda. Ia harus menggunakan kostum barunya serta kekuatannya untuk membela Wakanda dan negara lainnya.

Saya cukup antusias menunggu film ini semenjak trailer pertamanya rilis tahun lalu. Kemudian trailer kedua muncul beberapa bulan sesudahanya, dan hype yang dibangun semakin tinggi. Setelah itu saya memilih untuk tidak menyaksikan trailer atau klip apapun dari film ini (dan sebaiknya kalian melakukan hal yang sama untuk menghindari spoiler).

Dan akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba juga, dan sungguh berkesan! ini adalah salah 1 film yang setelah keluar dari teater saya masih kepikiran, feeling yg sama seperti setelah nonton the raid. which is good!

8 Hal yang kamu bakal suka dari black panther

1. Karakter

Tokoh utama kita, sang Black Panther merupakan raja dari wakanda yang terpaksa naik tahta lebih cepat karena ayahnya dibunuh (kejadian ini diceritakan di film Captain America: Civil War 2 tahun lalu). Sebagai raja, ini berarti si macan hitam ini super kaya, bahkan bisa jadi lebih kaya dari Tony Stark ataupun Bill Gates.

Black Panther bernama asli T'challa merupakan orang sangat spiritual, bijaksana dan menjunjung tinggi keadilan. Pokoknya benar-benar role model seorang superhero deh. Selain itu dia juga jago beladiri dan punya kekuatan superhuman (bisa disetarakan dengan Captain America).

Menjadi raja wakanda, T'Challa juga berarti menjadi toko religius alias imam besar-nya rakyat wakanda, karena Black Panther dianggap sebagai perwakilan dari dewa macan hitam bernama BAST yang dipercaya sebagai pelindung dunia. Selain itu, di film ini  ada juga suku jabari yang menyembah hanuman sebagai dewa pelindung mereka dan sempat beradu otot dengan black panther di awal film untuk memperebutkan tahta sebagai raja wakanda.

black people power!
Dari deretan karakter peran pendukung, T'Challa memiliki mantan pacar cantik bernama Nakia yang juga memiliki rasa keadilan tinggi dan merupakan mantan pasukan pengintai. Tak lupa, sang raja juga punya sepasukan bodyguard elit yang disebut "dora milaje". Asiknya lagi, sang jendral dari dora milaje ini sangat badass. Salah satunya ketika di pertengahan film terjadi aksi kejar-kejaran mobil, sang jendral malah naik ke atap mobil sambil lempar tombak vibranium ke arah musuh yang menembakinya dengan senapan mesin.

Tentu bukan film superhero kalo tidak ada supervillain. Black panther punya 2 supervillain di film ini, yang pertama adalah KLAW dan yang kedua adalah KILLMONGER. Dan boleh saya bilang Killmonger ini adalah best villain yang dimiliki MCU setelah Loki (avangers) dan Vulture (spiderman:homecoming).

2. Gadget keren dan teknologi canggih. 

Benar apa kata sutradaranya, Black panther ini berasa seperti film James bond dengan beragam peralatan canggih yang dimilikinya (yang mana dibuat oleh adiknya sendiri, sang ilmuwan wanita termuda di dunia sepertinya, baru umur 15th udah jenius aja).

Apa saja sih yang canggih? wow banyak sekali! Mulai dari kostum Black Panther yg bisa menyerap dan melepaskan energi kinetik, alat pengendali kendaraan jarak jauh, alat penyadap, alat komunikasi hologram dan masih banyak lagi. Kesannya wakanda itu udah jauh banget teknologinya, bahkan kostum nya pun menggunakan teknologi nanobot yang bahkan tony stark pun belum mampu membuatnya (di infiniy war sepertinya kita akan melihat tony stark menggunakan teknologi nanobot ini untuk berubah menjadi iron man ).

percayalah kamu bakal pengen punya benda ini 


3. Scenery alias pemandangan

Pemandangan di wakanda sangat cantik. Tetap terasa seperti Afrika, tapi dengan feel yang seperti bukan Afrika biasanya. Kalo lokasi wakanda ini beneran ada, pasti banyak turis yang datang kesini untuk menikmati pemandangan dan bertualang.

singapura? new york? bukan, ini wakanda!

4. Afrofuturism. 

Ini adalah istilah untuk konsep style afrika tapi futuristis. Afrofuturism ini berlaku untuk semua hal di film black panther. Mulai dari desain kota, interior, kostum, kendaraan dan user interface. Sebagai contoh, pesawat tempur canggih milik black panther yang diberi nama Royal Talon terlihat sangat futurustik, namun kalo kita perhatikan bentuknya terinpirasi dari topeng Afrika. Salah 1 yang paling saya suka adalah desain font atau huruf yang digunakan di film ini, benar-benar elegan.

kamu belum kaya kalo belum punya jet pribadi

5. Kostum 

Kostum di film black panther merupakan salah 1 hal yang mendapat banyak pujian. Karena benar-benar unik dan sangat terasa pengaruh afrika nya dengan selipan pola-pola ukiran khas orang Afrika. Kalian harus lihat sendiri untuk paham apa yang saya maksud. Setiap karakter dan suku tergambarkan dengan baik berkat kostum yang mereka pakai.

Sebagai contoh, pasukan pengawal dora milaje, terlihat sebagai wanita-wanita gagah dan kuat. Suku penjaga perbatasan mengenakan kain pelindung bercorak etnis yang khas dengan dominan warna coklat, sementara kostum sang raja tampil elegan dengan sentuhan minimalis bergaya afrofuturism berwarna hitam-ungu, dan masih banyak lagi desain kostum dari tiap suku yang unik.

Saya rasa setelah film ini rilis, akan ada banyak desainer yang terinspirasi untuk membuat baju serupa. Saya aja pengen punya itu baju-baju yang dipakai oleh T'challa, bagus-bagus soalnya hehehe..

sist, harga selimutnya berapa? free ongkir di shopee ya

6. Action. 

Ini bagian yang paling saya suka. Di menit awal film ini sudah menghentak dengan aksi-aksi memukau Black panther di hutan wakanda. Berlanjut ke adu jotos di pinggir air terjun memperebutkan gelar raja (disini kekuatan black panther diambil, jadi T'challa bertarung habis-habisan sampe berdarah-darah).

Dan seperti biasa di pertengahan film kita diberi aksi yang makin gila dengan kejar-kejaran mobil antara Black panther, dora milaje dan KLAW. Ini mungkin 10 menit paling bombastis di film ini, selain karena di shoot di korea selatan yang penuh lampu neon warna warni, kegesitan black panther benar-benar diuji disini. Sang jagoan selayaknya macan hitam melompat kesana kemari di tengah aksi kejar-kejaran mobil berkecepatan tinggi, mencakar dan menendang selagi kamera bergerak dengan dinamis. Tak salah memang ketika sang sutradara bilang bahwa aksi di film ini terinspirasi dari film james bond dan kingsman.

Terus gimana dengan final showdown di akhir film? Boleh dibilang memuaskan, karena kita menyaksikan perang sipil antar suku yang mendukung raja baru dan raja lama (saya belum cerita kalo Black panther mati di pertengahan film ya?) dan juga duel ulang antar 2 Black panther, di tengah rel kereta api, pertarungan hidup dan mati.

balikin duit guaa, dasar kucing garong!

7. Musik. 

Wow, soundtrack film ini beneran sesuai "soul" nya dengan dunia Black panther. Background musik juga sangat membangun suasana film, dengan suara vokal dan perkusi yang afrika banget. Suasanya bener-benar kayak kita dibawa ke Afrika sana, kamu mesti denger sendiri biar paham.

8. Humor. 

Tentu bukan film Marvel kalo gak ada humor yang bikin kamu ketawa geli, minimal senyum-senyum. Tapi tenang, Black Panther gak full comedy seperti Thor Ragnarok kemaren kok, humor nya tetap minimal namun di selipkan di tempat yang tepat.

Sesuai Judulnya, "Black Panther" maka film ini benar-benar fully diisi oleh pemeran berkulit hitam, mulai dari pemeran utama hingga pembantu, sutradaranya pun ryan coggler orang kulit hitam. makanya ketika di pertengahan film ada agen CIA Everett Ross jadi satu2nya orang kulit putih yg masuk jajaran tokoh utama di film ini

Alur cerita mengalir cepat dan linear tanpa ada plot twist. Intinya adalah bagaimana vibranium bisa mempengaruhi hidup banyak orang. Banyak layer cerita yang dibuka satu persatu seiring durasi, mulai dari perebutan tahta, krisis identitas, penghianatan, kematian black panther hingga perjalanan dunia arwah. Tak lupa ada pesan moral yang diselipkan, namun bagusnya tidak terasa menggurui kita sebagai penonton.

After Credit Black Panther ada 2 scene, jadi pastikan kamu tidak beranjak sebelum credit title benar-benar habis.

  • Scene pertama adalah T'Challa membuka rahasia teknologi wakanda kepada dunia melalui pengumuman di PBB 
  • Scene kedua adalah Bucky (winter soldier) bangun dari tidur nya disebuah rumah tradisional Afrika.
Overall, entah kamu pecinta film superhero, marvel atau dc gak masalah. Karena kamu pasti bakal suka dengan cerita yang disajikan di film ini. Dan film ini benar-benar berdiri sendiri, dalam artian tidak ada agenda menuju Avengers: Infinity war atau selipan karakter MCU lainnya. So don't miss it guys!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau baca yang mana?

Popular Articles

ELITE?

Expresikan - Lampiaskan - Imajinasikan - Tekadkan.