Kamis, 14 Desember 2017

[REVIEW] Star Wars The Last Jedi - Sequel yang Emosional



Rey (Daisy Ridley) akhirnya berhasil menemukan ksatria legendaris Jedi, Luke Skywalker (Mark Hamill) di sebuah pulau dengan aura magis. Para pahlawan dari The Force Awakens diantaranya Leia, Finn dan Poe bergabung dengan sang legenda dalam sebuah petualangan epik, yang membuka misteri kuno The Force dimasa lalu yang mengejutkan.
Buat yang udah nonton trailer nya berulang kali, siap-siap saja bakal tertipu dengan teori-teori yang kamu buat, karena film ini ternyata punya banyak plot twist keren. Dua jempol untuk penulis skenarionya. Saya setelah pulang nonton masih kepikiran dan kebayang hal-hal keren sepanjang film. Akhirnya malah jadi bingung mau nulis dari mana, yuk kita mulai pelan-pelan.

Sesuai judulnya, film ini memang menceritakan tentang 'akhir' dari dunia ksatria Jedi. Tapi apa itu jedi? bagi yang awam dengan dunia star wars, jedi adalah kaum religius yang terlatih untuk menggunakan "the force", sehingga seorang Jedi bisa memiliki kemampuan spesial seperti mempengaruhi pikiran orang lain, menggerakkan benda dengan pikiran, hingga mengeluarkan petir dari tangannya.

Secara sederhana,  ksatria jedi itu seperti Samurai luar angkasa yang bisa menggunakan sihir dan senjatanya adalah pedang laser. Tapi kita tidak akan membahas hal itu karena bakalan jadi spoiler. kita bahas storyline secara umum saja.

Storyline

Awal film dibuka dgn baku tembak pasukan resistance yg dikomandoi oleh Poe Dameron, serangan ini berhasil menghancurkan kapal perang dreadnought, ancaman besar untuk sisa-sisa armada resistance. Namun meski berhasil, serangan ini juga menyebabkan banyak korban jiwa di pihak resistance dan dalam keadaan terdesak, memaksa mereka untuk mundur.

bukan star wars kalo gak ada adegan-adegan kayak gini
Setelah perang bintang yang spektakuler, kita lanjut ke ending film sebelumnya, yaitu Force Awaken dimana ray bertemu dengan Luke di sebuah planet jauh. Dan apa yg terjadi? lightsaber  legendaris itu malah dibuang! Luke menolak untuk ikut perang, juga menolak untuk mengajar rey ilmu jedi.

Ray & Chewbacca menolak untuk pergi dan kita lalu ditampilkan kehidupan sehari-hari Luke dalam pengasingan, seperti memancing ikan monster dan minum susu kuda liar? susu beruang?susu anjing laut? entah lah hewan apa itu. kamu mesti liat sendiri biar paham.

Luke engga tinggal sendirian disini, karena ternyata ada penduduk lokal yg mirip dinosaurus tapi berpakaian seperti suster/biarawati. Selain itu chewbacca yg menemani rey malah akhirnya berteman dengan porgs (hewan hibrid hamster + ayam) dan banyak kejadian mengundang tawa di pulau ini.

Anehnya tiba-tiba terjadi ikatan batin antara rey dan kylo ren (ben solo) terjadi di pulau ini. kenapa the force menghubungkan pikiran 2 orang ini? apakah kylo ren akan menjadi orang baik setelah berdialog dengan Rey melalui telepati? selain itu disini terungkap rahasia: siapa orang tua rey? dan juga kenapa kylo ren jatuh ke sisi gelap dari the force. Terungkap!

malenggang pata-pata, kita bagoyang pica pica,  manapebodii poco poco
Ada kejutan lain di pertengahan film yaitu dengan kemunculan hantu "Yoda" yang akhirnya menyadarkan luke tentang "kegagalan adalah guru terbaik". Sudah bisa tebak pada akhirnya Luke mengajarkan fondasi the force namun berakhir dengan tidak menyenangkan karena kekuatan rey yg luar biasa dahsyat.

Kehancuran Dreadnought membuat gusar Supreme Leader snoke, sang pemimpin agung "the first order". Tapi siapa sebenarnya Snoke? apakah dia sith lord? boleh dibilang kemampuannya luar biasa, karena mampu membaca jalan pikiran orang lain dan juga bisa telekinetik.

Selain gesekan antar pengguna the Force, kita juga dikenalkan dengan beberapa karakter baru. Salah satunya adalah cewek teknisi yg akhirnya menjadi love-interest Finn (john boyega). Dan hubungan keduanya mengubah karakter Finn yang awalnya seorang oprtunis menjadi sosok yang heroik.

OK cukup segitu saja, bisa-bisa ini jadi spoiler review hehehe.. intinya banyak perkembangan karakter yang bagus di film ini dan juga banyak sub-plot yang menarik untuk diikuti. Semua sub-plot itu akhirnya membawa kita pada aksi-aksi seru sepanjang film.

Kalo boleh memilih, saya rasa aksi paling seru adalah duel antara Rey, Kylo ren, supreme leader snoke dan para pengawalnya. Tidak ada aksi akrobatik seperti eps 1-3 tapi tiap tebasan pedang berasa menegangkan karena kita peduli sama karakter-karakter ini. kita gak rela mereka mati.

Aksi kedua yang gak kalah menegangkan ialah duel maut antara Finn dan Captain Phasma. Dua orang ini memang ada dendam pribadi, dan melihat mereka beradu jotos di tengah ledakan kapal yang hancur benar-benar seru.

black vs chrome
spoiler (blok teks dibawah kalo mau baca):
Dan tentunya final showdown yang menunjukkan kembalinya Luke Skywalker sebagai Jedi master melawan pasukan kylo ren di depan gerbang tambang garam. epic!

Plot Twist

Tentunya bukan film kekinian kalo gak ada plot twist. Beberapa hal yang menarik adalah misteri apa yang menyebabkan koneksi telepati rey dan ben (kylo ren), trik penyelamatan pasukan resistance, aksi gila supreme leader snoke, menebak jalan pikiran Kylo ren dan cara Luke menyelamatkan sisa pasukan resistance di tambang garam. kita udah nebak-nebak dan ternyata salah!

Acting

Carrie fisher sebagai Leia, Mark hamill sebagai Luke skywalker berhasil membawakan karakter legenda ini dengan santai dan believable. Daisy ridley, john boyega, adam driver, oscar iisac masing-masing mendapatkan porsi pengembangan karakter yang pas, sesuai kebutuhan plot. Ada karakter yang jadi bijak, ada yg tercerahkan, ada yg menyadari tujuan hidupnya.

Di deretan peran pendukung juga luar biasa, Andy serkis berhasil bikin jengkel sebagai sang Supreme Leader Snoke. Benicio del toro yang ternyata berperan sebagai hacker, berhasil bikin bingung penonton, sebenarnya orang ini baek apa jahat. Kelly marie tran sebagai Rose, karakter cewek baru yang jadi love-intereset nya Finn yang membuat nasibnya kasihan. Tak lupa ada Domhnall Gleeson sebagai general Hux yg sadis tapi agak komikal.

Buat kamu yang belum nonton, coba perhatikan gerak-gerik tiap Stormtrooper yang memakai topeng, karena kabarnya ada cameo artis Joseph gordon levvit & Tom Hardy sebagai salah 1 stromtrooper. Saya rasa cameo ini ada di bagian ketika Finn dan Rose memasuki kapal komando secara diam-diam dan menyamar sebagai anggota pasukan the first order.

apakah yang dimaksud "The last Jedi" adalah rey?


Sound & BGM

Enggak perlu diragukan lagi untuk sound effect udah pasti puas, mulai dari kibasan lightsaber, bunyi mesin komputer, desingan mesin pesawat, suara ledakan yang spektakuler hingga tiap senjata bahkan memiliki bunyi yang khas. Semuanya benar-benar totalitas membawa kita ke dunia star wars.

Background musik nya tetap memakai lagu-lagu dari film star wars terdahulu dengan variasi komposisi di beberapa bagian, sudah jadi ciri khas jadi komposer nya ga bisa bermain melodi terlalu jauh. Overall kesan "epic space opera" sangat terasa berkat background musiknya ini.

Special Effect

Star wars adalah film yang terkenal karena spesial efek nya yang luar biasa. Bahkan divisi spesial efek nya jadi 1 perusahaan baru yaitu ILM (industrial of Light & Magic) yang sampai saat ini sudah menangani efek khusus untuk ratusan film Hollywood.

Jadi untuk bagian ini kita harus angkat topi. Tiap scene benar-benar eye-candy, memanjakan mata. Terutama di bagian pertempuran, entah itu di luar angkasa, di darat, di gua kristal ataupun di dalam interior pesawat. Kalo mau nonton yg 3D cukup worthed kok, karena banyak scene yg pop-out keluar dari layar, kita seolah-olah ikut dalam aksi pertempuran yang terjadi.

Overall Score

Film ini dibuat untuk penggemar Star Wars, hal itu sangat terasa dengan banyak istilah dan cameo karakter yang tidak dijelaskan secara rinci siapa & mengapa.

Untuk penonton awam, tentunya lebih menyenangkan bila sebelum menyaksikan film ini, kamu memiliki sedikit knowledge mengenai universe-nya Star wars. Minimal kamu mesti nonton Star Wars episode VII : the force awakens untuk dapat menikmati ceritanya. karena itu score film ini tidak bisa kita kasih 10 yah, selain faktor perlunya knowledge, ada beberapa bagian yang berasa agak dragging dan membuat bosan di awal film. Tapi di pertengahan menjelang akhir, film ini pasti bikin kamu deg-degan dan penasaran! spectacular with a minor flaw






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau baca yang mana?

Popular Articles

ELITE?

Expresikan - Lampiaskan - Imajinasikan - Tekadkan.