Selasa, 03 Oktober 2017

[REVIEW] The Foreigner - Balas Dendam Jackie Chan melawan Teroris

Quan (Jackie Chan) seorang pengusaha asal China yang tinggal di London, berusaha membalas dendam atas kematian putri semata wayangnya akibat sebuah ledakan yang bermuatan politis.
Dalam usahanya mencari jawaban atas kejadian tersebut, Quan terlibat konflik dengan berbagai pihak termasuk dengan Hennessy (Brosnan), seorang petugas intelejen Inggris yang diduga terlibat dalam insiden ledakan itu. Ternyata masa lalu Quan yang misterius mempunyai kaitan dengan kejadian ini.

Sebulan yang lalu, saya pertama kali melihat trailer film ini di sosmed. Kesan yang ditampilkan setelah melihat trailernya adalah film balas dendam full action dengan sedikit ketegangan politik. Dan setelah menyaksikan sendiri, memang sesuai trailernya.

Awalnya saya memasang ekspektasi cukup tinggi, berharap The Foreigner ini akan seperti Taken atau John wick yang memang temanya sama-sama balas dendam, tapi mampu memberikan ketegangan dan aksi-aksi yang memukau. Namun apa daya, meskipun disutradarai oleh Martin Campbel yang pernah mengarahkan Casino Royale, aksi-aksi yang ditampilkan kurang memberikan ketegangan maksimal.

"Follow akun IG @bujangelit sekarang kalo gak mau gua bacok"
Secara keseluruhan film ini cukup memuaskan meski porsi untuk scene actionnya tidak terlalu banyak. Namun jangan kuatir, karena kekurangan itu akan diganti dengan aksi ala metal gear solid (atau malah mirip Rambo) di pertengahan film. Jackie chan cukup believable sebagai seorang gerilyawan perang vietnam dengan kemampuan untuk meracik bom, pertarungan jarak dekat dan skill menghilang tiba-tiba.

Dan menurut saya film ini sedikit miskomunikasi dengan penonton, karena diawal kita langsung disuguhkan dengan pengeboman oleh teroris, namun motifnya baru clear dipenghujung film, yaitu kelompok pemuda anarkis yang ingin memicu perang antara Inggris dan Irlandia. Loh, miskomunikasinya dimana? di awal film penonton gak dikasih opening atau informasi bahwa ada ketegangan antara Inggris dan Irlandia, jadi ketika terjadi pengeboman oleh teroris irlandia, penonton malah gak ngeh, "emang kenapa irlandia mau ngebom london? masalah meraka apa? kan sama-sama orang british".


Jackie chan membuktikan meskipun telah berusia lanjut ternyata masih cukup gesit. Rivalnya disini adalah mantan pemeran James Bond yaitu Pierce Brosnan yang sayangnya tidak kebagian porsi aksi. Ada alasan kenapa pada poster diatas, gambar Pierce Brosnan lebih besar dari Jackie chan. Karena peran jackie chan disini kesannya kayak peran pembantu/rival, bukan tokoh utama. Konflik yang berlapis-lapis malah ada di karakter Liam yang diperankan oleh Pierce Brosnan.

Saya diakhir film malah kasian sama karakter Liam ini. Udah diteror bapak-bapak, dikhianati sama keluarga sendiri, ditekan pemerintah pula dan cewek selingkuhannya ternyata... ah jadinya malah spoiler. Naas bin sial banget pokoknya.hehehe

Jadi apakah film ini wajib ditonton? untuk penyuka film action thriller dengan bumbu politik seperti Rambo, Jason Bourne dan Taken, jawabannya Iya.

Tapi buat kamu yang gak sabaran dan males baca dialog, film ini bukan untuk kamu. Soalnya konflik politik dan karakter yang ada di film Foreigner ini cukup banyak dan berlapis-lapis. Ngelamun sebentar aja mungkin bisa bikin kamu gagal paham.

Anyway Scorenya mungkin 8/10 aja ya. Gimana menurut kamu?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau baca yang mana?

Popular Articles

ELITE?

Expresikan - Lampiaskan - Imajinasikan - Tekadkan.