Jumat, 29 September 2017

[REVIEW] Pengabdi Setan 2017 - surat cinta untuk film horor legendaris indonesia


Setelah sakit aneh selama 3 tahun, Ibu akhirnya meninggal dunia. Bapak lalu memutuskan untuk kerja di luar kota meninggalkan anak-anak. Tak lama kemudian, anak-anak merasa bahwa Ibu kembali berada di rumah. Situasi semakin menyeramkan ketika mereka mengetahui bahwa Ibu datang lagi tidak sekedar untuk menjenguk, tapi untuk menjemput mereka.

Engga berlebihan rasanya kalo gua bilang film Pengabdi Setan 2017 merupakan surat cinta sang sutradara, kepada film horor yang menginspirasinya untuk menjadi seorang filmmaker. Joko Anwar mampu menghadirkan atmosfer mencekam sesuai film original nya, lengkap dengan jajaran cast yang bisa dibilang sempurna dan tentunya dengan jumpscare jumpscare berkualitas, salah satu trademark film horor modern.

Rasanya tak sia-sia pencarian lokasi rumah selama 3 bulan lebih, karena memang lokasi rumah yang menjadi tempat shooting ini gak usah diapa-apain juga udah serem. Gimana gek seram coba, banyak pohon beringin besar, dekat kuburan pula, komplit!


Plot cerita film ini kurang lebih sama dengan film originalnya, namun tentu dengan penambahan scene-scene baru supaya cerita lebih mengalir dan kerennya nih menjelang akhir film kita dikasih plot twist yang keren, gak ketebak. dan endingnya juga WTF, dijamin lu bakal garuk2 kepala (spoiler: happy ending tapi kok berasa kentang, cameo Fachri Albar sebagai salah 1 pengabdi setan malah membingungkan penonton). Mungkin ini pancingan untuk sequel nya?

Satu-satunya kekurangan di film ini adalah pesan moral yang ambigu. Abis nonton ini gua merasa ini cuman film horor yang bagus, yang gua tangkep nih pesannya: jangan main-main atau buat kesepakatan sama iblis kalo lu gak mau sengsara. Kebanting ama film originalnya yang pesan moralnya lebih bagus: beribadahlah kepada Tuhan dan kuatkan iman kalau kamu tidak ingin diganggu setan.

Tapi mungkin ini wajar sih, karena kalo ending yang sama dipake di film 2017, kentang juga (buat yg belum nonton yg original, ending film itu adalah ketika pak Kyai dan warga datang terus baca surat al quran, setan kebakar. the end)


Bagi yang udah menyimak trailernya mungkin merasa film ini berasa kayak conjuring atau insidious, dimana Atmosfer mencekam terasa sepanjang film. Tapi percaya deh, beberapa scene paling menyeramkan di film ini bukan di adegan jump scare nya.

Menurut Gua, Beberapa scene yang memorable & bikin bulu kuduk merinding (beberapa penonton sampe jerit atau malah beku di kursi):
- scene penampakan ketika wudu
- scene sepanjang sholat pertamanya tara basro
- scene "kembaliin sisir ibu" waktu di kamar
- scene bunyi lonceng dikamar setelah ibu mati
- scene anak-anak nutupin foto ibu di dinding karena serem
- scene ibu bangkit dari kubur, balik ke rumah naik tangga
- scene kecelakaan motor

Akting para pemain cukup solid, tapi dialog yang dipake kadang-kadang baku banget. Mungkin ini untuk menghadirkan kesan film jadul. Musik latar dan efek suara sangat bagus di film ini, sangat layak untuk dinikmati di bioskop. Dijamin setelah nonton ini kamu bakal parno kalo denger suara lonceng atau langkah kaki.

Overall film ini sangat layak dan wajib tonton buat kamu para pecinta film horor. danur mah lewatt.. kalo boleh saya kasih score: 9/10 untuk Pengabdi Setan 2017 ini.

Catatan: adalah wajar kalo nanti tengah malam elu takut ke kamar mandi sendirian.




7 komentar:

  1. wow, kalau k jay udah kasih 9/10. Jadi pengen nonton nih film :D
    btw, mulai ngeblog lagi nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iseng bae rul, kangen dunia tulis menulis. kebetulan kawan2 di bujang elite ini butuh kontributor untuk review film sukarelawan ceritonyo.. heeheheh

      Hapus
  2. Film nya gak bagus, gak ada awkarin Sama young lex

    😅

    BalasHapus
  3. wihh.. rating nya tinggi bener, sampai 9.
    klo mnurut saya film ini punya plot twist yng trlalu mmaksakan ktika masuk pada paruh ketiga (int-out)
    bedanya film versi asli buat kita jadi ketakutan, kalo yng baru ini buat kita jadi kaget doang. mmang semua itu di tutup dngn cerita yng lebih fresh

    BalasHapus

Mau baca yang mana?

Popular Articles

ELITE?

Expresikan - Lampiaskan - Imajinasikan - Tekadkan.